Rabu, 16 Mei 2012

OBJEK WISATA KOTA MAKASSAR II

Tempat jalan-jalan ke Makassar yang akan dibahas pertama adalah berwisata kuliner. Berbagai kuliner khas di kota Makassar yang selalu mengundang selera baik itu makanan maupun minumannya. Ditulisan kali ini penulis akan merilis 7 makanan favorit yang ada di Kota Makassar

1. Coto Makassar

Masakan khas daerah berupa sop berkuah dengan bahan-bahan dasar yang terdiri dari usus, hati, otak, daging sapi atau kuda, dimasak dengan bumbu sereh, laos, ketumbar, jintan, bawang merah, bawang putih, garam yang sudah dihaluskan, daun salam, jeruk nipis, dan kacang. Pada umumnya Coto Makassar disajikan/dimakan bersama ketupat.
Nikmati makanan ini yang tersebar hampir diseluruh penjuru kota Makassar diantara favorit penulis adalah  Coto Gagak di jalan Gagak,  Coto Daeng di jalan Sungai Saddang, Coto Pallu Mariolo di jalan Inspeksi PDAM , Coto Paraikatte di jalan Pettarani, Coto Nusantara di jalan Nusantara, Coto Dewi di jalan Sultan Alauddin dan Coto Selaras di jalan Toddopuli Raya.

2. Sop Konro
Masakan khas daerah yang disajikan berupa sop berkuah maupun dibakar dengan bahan-bahan dasar seperti tulang rusuk sapi atau kerbau, dimasak/dibakar dengan bumbu ketumbar, jintan, sereh, kaloa, bawang merah, bawang putih, garam, vitsin yang sudah dihaluskan. Sop Konro pada umumnya disajikan/dimakan bersama nasi putih dan sambal.
Nikmati makanan ini yang tersebar di sebahagian wilayah kota Makassar, adapun favorit penulis adalah Konro Karebosi  di jalan Gunung Lompobattang dan Konro Bawakaraeng di jalan Gunung Bawakaraeng

3. Pallu Mara/Ulu Juku
Masakan yang satu ini merupakan kuliner yang bahan utamanya dari kepala ikan, masakan berkuah ini berbahan bumbu khas dan disajikan bersama nasi putih. Penulis biasanya mencicipi Pallu Mara ini di jalan Mappanyukki dan di jalan Racing center.

4. Pallu Basa
"Pallu basa-nya pakai dasar atau tidak?" sapa dari seorang pelayan ketika masuk ke salah satu pengusaha kuliner pallu basa ini. Maksud dari "dasar" tersebut ternyata hidangan yang hampir mirip dengan Coto Makassar di dasarnya diberi telur ayam kampung. Selain itu aroma kuah yang sedikit berbeda, santannya lebih kental dan serbuk kelapa sangrai terasa menyatu dengan kuahnya.
Nikmati makanan ini disekitar jalan Onta Lama dan Jalan Serigala.

5. Sop Saudara
Masakan khas daerah yang berupa sop berkuah dengan bahan-bahan dasar seperti daging sapi/kerbau yang dimasak dengan aneka bumbu dan disajikan bersama nasi putih atau ketupat dengan Ikan Bakar sebagai tambahan lauknya.
Nikmati makanan ini disekitar jalan DR. Wahidin Sudirohusodo dan jalan Andalas

6. Pisang Epe'
Makanan khas daerah yang terbuat dari pisang kepok yang mengkal, dibakar dan dipipihkan. Pisang Epe' disajikan dengan kuah air gula merah yang biasanya telah dicampur dengan durian atau nangka yang aromanya dapat membangkitkan selera. Disamping itu taburan coklat atau keju juga menjadi pilihan rasa dari kuliner ini.
Nikmati makanan ini di sekitar pantai Losari, jalan Penghibur dan Datu Museng 

7. Pisang Ijo


Tampilan dari makanan ini pisang dibungkus dengan tepung terigu yang sudah diberi santan dan air daun pandan sebagai pewarna dan pengharum sehingga berwarna hijau, disajikan dengan saus yang diberi es serut dan sirop.
Nikmati makanan ini di sekitar pantai Losari , di jalan Abd. Sirua, dan di jalan Paccinang Raya 

Kuliner di kota Makassar sangat menarik bukan? Dan masih banyak lagi yang lainnya tentu dengan harga yang terjangkau. Selamat mencoba.

[bersambung...]

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Powered by Blogger