Kamis, 24 Mei 2012

SEHAT BANGUN PAGI


Bangun pagi memang bukanlah hal yang mudah bagi sebagian orang. Namun menurut para ahli di bidang kesehatan, udara menjelang pagi hari sangat kaya akan oksigen dan belum terkontaminasi oleh zat – zat lain sehingga sangat dapat membantu memaksimalkan metabolisme tubuh. Dengan demikian orang – orang yang bangun pagi tentu akan memiliki badan yang lebih sehat dan merasa lebih fit daripada orang – orang yang terbiasa bangun siang. Sebuah penelitian di Pennsylvania State University menunjukkan, olahraga rutin selama 15 menit tiap pagi bisa meningkatkan mood atau suasana hati yang positif. Pikiran menjadi lebih jernih, sehingga wajah akan tampak lebih cerah dan selalu dihiasi senyum manis.

Tidak hanya itu, ternyata masih banyak lagi manfaat kesehatan yang didapat dari bangun pagi. Berikut ini adalah beberapa diantaranya :

1. Dapat menghirup udara segar. Dengan menghirup udara segar, otak akan mendapat suplai oksigen yang cukup sehingga otak mampu bekerja dengan lebih baik. Selain itu pada saat menjelang pagi, udara yang bersih dan masih mengandung gas ozon baik dapat membantu memperlancar peredaran darah dan meningkatkan kekebalan tubuh.

2. Mendapat suplai Vitamin D melalui sinar matahari. Cahaya matahari pagi sangat penting untuk kesehatan tubuh, karena kaya akan Vitamin D yang baik bagi pertumbuhan dan kekuatan tulang.

3. Sempat sarapan. Banyak orang yang melewatkan sarapan, padahal sarapan justru sangat penting untuk menyuplai persediaan energi bagi tubuh dan memaksimalkan fungsi kerja otak.

4. Pada saat pagi hari otak bekerja lebih maksimal. Hal ini terjadi karena di pagi hari otak memproduksi hormon yang membuat daya ingat lebih tajam. Hormon tersebut memperbaiki kuantitas, kualitas dan daya guna sel-sel otak dengan cara meningkatkan pengantaran asam amino dari darah ke otak.

5. Mengusir stress. Dengan menikmati udara pagi yang segar dan suasana pagi yang menenangkan, tubuh akan melepaskan hormon endorfin yang dapat membuat suasana hati lebih baik dan bahagia.

Sumber: Info sehat

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Powered by Blogger