Selain dimanfaatkan sebagai ajang menjalin pertemanan, belakangan ini media sosial menjadi salah satu ladang promosi yang cukup potensial. Beragam jenis produk maupun jasa mulai ramai dipasarkan para pelaku usaha melalui akun-akun pribadi yang sengaja mereka buat untuk mempromosikan bisnisnya di dunia maya.
Kekuatan media sosial (socmed) yang cukup besar, memberikan keuntungan tersendiri bagi para pelaku usaha. Dengan mengoptimalkan media sosial sebagai ladang promosi, setidaknya para pengusaha bisa mengurangi biaya iklan setiap bulannya dan mendatangkan banyak pelanggan dari berbagai kalangan masyarakat.
Untuk itu, bagi Anda yang tertarik mempelajari strategi promosi menggunakan media sosial. Pada kesempatan kali ini akan kami informasikan beberapa aturan maupun sopan santun yang perlu Anda perhatikan ketika mengoptimalkan promosi di media sosial.
- Pahami aturan main yang berlaku
Meskipun tidak ada aturan baku (hitam diatas putih) yang mengatur rambu-rambu bersosialisasi di media sosial, namun penting bagi seorang entrepreneur untuk memahami aturan tak tertulis ataupun sopan santun dalam mempromosikan produk maupun jasa. Bila hal ini tidak Anda perhatikan dengan baik, bisa-bisa perusahaan Anda dicap sebagai spam/ informasi sampah sehingga banyak konsumen yang pergi meninggalkan akun Anda.
- Pahami target pasar Anda dan berikan penawaran yang sesuai
Sebelum memasarkan produk atau jasa melalui media sosial, pahami terlebih dahulu siapa saja target pasar yang hendak Anda bidik. Jangan sampai Anda menyamaratakan semua orang sebagai konsumen Anda, dan mempromosikan produk Anda kepada orang-orang yang tidak berkepentingan. Misalnya saja mempromosikan produk sepatu wanita kepada para pria, dan begitu pula sebaliknya.
- Bangun komunikasi dua arah
Terkadang para pelaku usaha hanya fokus memasarkan produk-produknya dengan cara mengirimkan gambar ataupun pesan singkat mengenai sebuah penawaran kepada para konsumennya tanpa memperhatikan komunikasi yang terbangun diantara mereka. Hal inilah yang membuat konsumen merasa bosan dengan akun toko online Anda, sehingga tidak jarang mereka memilih untuk unfollow atau memblokir akun tersebut karena Anda terlalu sering mengirimkan penawaran yang membosankan.
- Berikan tanggapan yang hangat
Ketika mendapatkan sebuah komentar ataupun balasan retweet dari para konsumen, Anda diwajibkan untuk segera membalasnya dengan tanggapan yang cukup hangat. Respon yang Anda berikan kepada konsumen, menjadi salah satu alat yang efektif untuk meyakinkan konsumen bahwa Anda memiliki kepedulian yang cukup besar terhadap permasalahan yang mereka hadapi. Bila Anda mendapati pertanyaan yang sangat banyak, selanjutnya Anda bisa menambahkan FAQ (Frequently Asked Question) untuk mempermudah para konsumen mengetahui jawaban-jawaban yang mereka butuhkan dari beberapa pertanyaan yang sering dilontarkan konsumen.
- Lakukan langkah efektif agar promosi Anda mudah terindeks mesin pencari
Terakhir, Anda perlu melakukan beberapa langkah jitu agar pesan promosi yang Anda buat di media sosial bisa cepat terindeks oleh mesin pencari (Google, Yahoo, dll). Contohnya saja dengan mencantumkan hashtag (#) ketika menggunakan twitter, cara tersebut bertujuan untuk memudahkan twitter Anda terindeks dalam mesin pencari dan berada di posisi pertama ketika para pengguna twitter mencari dengan kata kunci yang Anda gunakan.
Nah, setelah membahas beberapa poin penting di atas, kini giliran Anda mengaplikasikannya dalam menjalankan bisnis online dan mendatangkan untung besar setiap bulannya dengan berpromosi di media sosial. Maju terus UKM Indonesia dan salam sukses.
Sumber : Bisnisukm.com
0 komentar:
Posting Komentar