Kamis, 23 Agustus 2012

MAKASSARPRENEUR IKUT KONTES SOSIAL ENTREPRENEUR


Makassarpreneur merupakan komunitas wirausaha muda yang berdomisili di kota Makassar, komunitas ini terbentuk dari alumni pelatihan kewirausahaan dalam projek EAST yang diselenggarakan oleh ILO. Lahir pada tahun 2009 dan Alhamdulillah masih berjalan sampai saat ini.

Setelah mengikuti seminar road show social entrepreneur yang diadakan oleh bank mandiri wil. Sulsel, kami pun berinisiatif ikut dalam kontes tersebut yang merupakan pilot programnya dalam kompetisi social entrepreneur. Sebelumnya bank mandiri telah melaksanakan kontes tahunan yaitu wiramuda mandiri dan young technopreneur sejak tahun 2007.

Komunitas Makassarpreneur saat ini beranggotakan 50 orang dengan pengurus aktif 14 orang. Berbagai macam kegiatan telah dilakukan mulai seminar, talkshow, pameran, training dan trading. Banyaknya tuntunan dalam menjalankan aktivitas sehingga komunitas ini telah berlegalisasi secara kelembagaan yang disebut Lembaga Pengembangan Bisnis Makassarpreneur telah terdaftar di pemerintah kesbangpol kota Makassar dan tuntunan bekerjasama dengan pihak ketiga dalam hal ini pihak perusahaan sebagai sponsor sehingga dibutuhkan SITU,SIUP, TDP & NPWP walhasil dibuatkan juga CV. Makassarpreneur.

Mimpi besar komunitas ini adalah menjadi salah satu pioneer dalam meningkatkan perekonomian dimasyarakat. Sebagai pilot program pemuda dalam menyalurkan kepedulian terhadap masalah ekonomi di tengah-tengah masyarakat dan menyelesaikannya dengan pendekatan entrepreneur sehingga komunitas ini kedepan dapat direplikasi oleh ibukota Provinsi yang lain diseluruh Indonesia dalam penyelesaian masalah perekonomian.

Pandangan komunitas ini yang menjadi titik permasalahan dalam perekonomian adalah lemahnya sistem berbisnis dan distribusi KPJu dari hulu ke hilir sehingga memberikan kesenjangan perputaran uang didalam masayarakat. Oleh karena itu salah satu program komunitas ini yang akan diikutkan dalam kontes ini yang kami nilai relevan adalah peran komunitas sebagai showroom center dan marketing+ hasil KPJu ditiap kab/kota provinsi Sulsel.

Diproposal ini akan ditampilkan sistem berbisnis dengan showroom center dan pendistribusiannya oleh pelaku KPJu dengan komunitas Makassarpreneur. Sehingga apa yang menjadi mimpi-mimpi kami insya Allah dapat menjadi kenyataan. Amin 

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Powered by Blogger